UNDERDOG, SRIWIJAYA FC SIAP TANTANG GAMBA OSAKA

lca-logo1
DUBAI, RABU – Klub wakil Indonesia, Sriwijaya FC, bergabung dengan juara bertahan Gamba Osaka (Jepang) di Grup F pada kompetisi Liga Champions Asia (LCA) 2009. Selain Gamba, juara Liga dan Copa Indonesia itu juga harus bersaing dengan FC Seoul (Korea Selatan) dan Shandong Luneng (China). Demikian hasil undian pembagian grup LCA 2009 yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (7/1).

Laga putaran pertama akan digelar 10 dan 11 Maret. Selain juara Liga Champions musim lalu, Gamba juga meraih peringkat tiga pada Piala Dunia Antarklub di Jepang, beberapa waktu lalu. Di final Liga Champions 2008, Gamba menaklukkan Adelaide United (Australia) dengan agregat 5-0. Musim ini, mereka menjuarai Piala Kaisar Jepang, sebuah turnamen knock-out di negeri itu.

Melihat kekuatan klub-klub lawan, posisi Sriwijaya adalah underdog di grup tersebut. Kapten Gamba, Satoshi Yamaguchi, hanya menyebut FC Seoul dan Shandong Luneng sebagai ancaman.

“Kami akan berusaha mempertahankan gelar sebagai satu tim. Semua pemain ingin sekali bermain bagus,” kata Yamaguchi dalam situs klubnya. “Di Asia, tim-tim dari China dan Korea Selatan menjaga standard permainan sangat tinggi dan kokoh.”
Undian tersebut juga menghasilkan grup maut, yakni Grup C yang berisikan dua kali juara Asia Al Ittihad (Arab Saudi), Umm Salal (Qatar), dan Al Jazira (Uni Emirat Arab/UEA). Grup A hingga D diisi klub-klub kawasan Asia Barat dan Asia Tengah, sementara Grup E hingga D berisikan klub-klub Asia Timur plus satu klub ASEAN. Sriwijaya merupakan satu-satunya klub dari kawasan Asia Tenggara yang langsung tampil di babak utama.

Selain Sriwijaya, Indonesia juga mengirimkan PSMS Medan, runner-up Liga Indonesia 2007. Namun, klub berjuluk “Ayam Kinantan” itu harus mengikuti babak play-off. Dua tim terbaik di babak tersebut akan tampil di babak utama, bergabung di Grup B yang sudah diisi Persepolis (Iran), Al Shabab (Arab Saudi), dan Al Gharafa (Qatar). Satu klub play-off lainnya diplot di Grup G dengan peserta klub Shanghai Shenhua (China), Kashima Antlers (Jepang), dan Suwon Bluewings (Korsel).

Kompetisi LCA digelar dalam format laga kandang dan tandang. Musim ini, jumlah klub-klub peserta LCA membengkak menjadi 32 tim dari 28 tim di musim lalu. Tim juara dan runner-up masing-masing grup melaju ke babak hidup-mati (knock-out). Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) juga meningkatkan hadiah uang menjadi 1,5 juta dollar AS bagi tim juara dan 750.000 dollar AS untuk tim runner-up.

SUMBER ; KOMPAS

9 Komentar

  1. saya rasa sriwijaya fc akan menjadi lumbung gol gamba

  2. sapa bilg SFC akn jd lmbung goal? qta lht ja ntar apa lwn2 SFc mampu brkutik di JakaBaring! Buka mata lebar2 y! Oh ya low anda org indonesia harus bngga pnya wkil SFC di LCA,bkn mlh ksh kmentar bodoh.

  3. Puas…puas…puas… Coba simak !, Sriwijaya fc sekarang jauh lebih bermutu dibanding Timnas, jd kalo kalah nyali melepas timnas, itu wajar. Kalau melepas sriwijaya fc, yakin…gak kan memalukan.. Menanglah sriwijayaku. Salam.
    Eska Sudrajad.

  4. yang ngerasa orang indonesia…. ayo kita dukung Sriwijaya FC………….
    tanggalkan sementara anda darimana, karena SFC bukan hanya membawa nama Palembang tapi mebawa nama indonesia pada umumnya………………….
    kalo LIGA Indonesia ingin maju yuk kita sama sama dukung SFC dan PSMS Medan

    Hidup Indonesia.AYO BANGKITKAN SEMANGAT PEMAIN SEPAK BOLA INDONESIA ciar mereka bisa membawa nama baik Indonesia dipentas Dunia……………..

    jayalah slalu SFC dan PSMS Medan…………………….
    jayalah Indonesia

  5. menaggapi komentar saudara ferry…………..
    anda itu orang indonesia jadi seharusnya anda dukung klub dari indonesia, bukanya mengejek. kita belum tahu hsilnya jd jgn terlalu berkomentar yg pedas……
    ingat friend ini kompetisi asia bukan kompetisi Indonesia….
    jadi sya mengajak anda dan semua rakyat Indonesia untuk mendukung SFC dan PSMS medan….
    BERSATULAH, MELEBURLAH SUPORTER LIGA/INDONESIA……..

  6. hurray!!!!!

    yakinlah Sriwijaya menang!
    secara tim tangguh INA gethu loh,,

  7. Maju Terus Sriwijaya FC dan PSMS
    Ambil pengalamannya di LCA, kiita belajar dengan permainan yang bagus dan menjunjung tinggi sportifitas serta menghormati keputusan wasit.

    saran saya buat Club yang di Indonesia perbaiki lagi sistem permainannya dan banyak belajar cara permainan Brazil dan Argentina. Saya yakin Negara kita akan sama permainannya dengan club – club Eropa sekarang ini walaupun memakan waktu yang lama.

    Untuk PSSI agar sesegera mungkin mengirinmkan para pemainnya ( U18 ) yang terbaik saat ini untuk belajar / training ke negara – negara Eropa selama 2 Thn.,

  8. ayo sriwijaya pasti bisa
    feri rotinsulu dah sembuh
    amrizal sama charis harus berusaha lebih hebat lagi
    dan untuk budi s kamu pasti bisa “mengoyang” gamba kayak ronaldo
    semoga yang terbaik yang terjadi untuk sriwijaya
    majulah indonesia

  9. maju terus SFC! kalian blm kalah! Msh ada pertndngn2 lg,jd truslh smangat! wlpn akhrnya g lo2s pun kmi t2p dkung,ambil pnglman y mas fery dkk!,buat tmen2 politama solo slm kompak aja!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s